Pelaksanaan kegiatan bimbingan manasik haji kecamatan Sidorejo tahun 1436 H/2015 M yang telah direncanakan alhamdulillah dapat dilaksanakan mulai hari Selasa, 28 Juli sampai dengan 01 Agustus 2015.
Bertempat di Aula Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga mulai pukul 08:00 – 12.00 WIB. Kegiatan ini di buka oleh Camat Sidorejo, Nugroho sekaligus menyampaikan pesan bahwa bimbingan manasik dijadikan sebagai refresh agar pengetahuan dan pemahaman tentang manasik dapat dikuasai dengan baik dan dapat menjadi haji mandiri sehingga berhasil meraih predikat haji mabrur. Selain itu para jamaah diminta untuk meluruskan. Sambutan diakhiri dengan membuka kegiatan pada pagi hari ini.
Sambutan pengarahan juga di sampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga bapak H. Wuryadi, M.Pd.I. Beliau menyampaika ucapan terima kasih atas kerja sama seluruh pihak hingga kegiatan ini bisa dilaksanakan, dan ucapan selamat kepada seluruh jamaah yang tahun ini mendapat panggilan Allah menunaikan ibadah haji, kemudian disampaikan tentang kebijakan pemerintah tentanng haji tahun 1436 H/2015 M.
PESERTA : Kegiatan ini diikuti oleh calon jamaah haji di wilayah kecamatan Sidorejo Kota Salatiga yang terdiri dari 6 kelurahan. Jumlah seluruh peserta sebanyak 68 orang (1 orang jamaah cadangan) terdiri dari 33 calhaj laki-laki dan 35 calhaj perempuan. Adapun perinciannya : Kel. Salatiga : 10 calhaj Kel. Sidorejo Lor : 12 calhaj Kel. Kauman kidul : 6 calhaj Kel. Bugel : – Kel. Blotongan : 33 calhaj Kel. Pulutan : 7 calhaj
TUJUAN : Kegiatan bimbingan manasik haji ini bertujuan memberikan informasi terkini terkait kebijakan penyelenggaraan haji, meningkatkan pemahaman tentang manasik, memberikan informasi perjalanan ibadah haji dan umroh yang bermuara pada terwujudnya jamaah haji yang mandiri, sehingga dapat menjalankan ibadah haji dengan sempurna sehingga dapat meraih kemabruran hajinya.
PEMATERI : Pemateri pada kegiatan ini disampaikan dari unsur Kementerian Agama dan Tokoh Agama/Ulama/Cedekiawan.
RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN : Upacara Pembukaan (28/07/2015), Pree test peserta, penyampaian materi dengan metode ceramah dan praktek sebanyak 8 sub materi dan disampaikan oleh 4 orang pemateri selama 4 hari. (28-29&31/07 s/d 01/08/2015) Post test peserta, pengisian kuisoner index kepuasan peserta Upacara penutupan