Salatiga — Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, Pemerintah secara bersama-sama , termasuk Kementerian Agama terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanannya kepada masyarakat. Dengan pelayanan yang semakin prima diharapkan masyarakat semakin merasa terpuaskan, lebih mudah, lebih cepat dan lebih akurat.
Dalam rangka itulah pada Rabu (24/2) Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Salatiga yang diwakili oleh Plt. Kasubag Tata Usaha Kantor Kemenag Kota Salatiga, H. Nurcholis menghadiri acara uji coba Mall Pusat Pelayanan (MPP) Publik Kota Salatiga.
Dalam kesempatn itu Sekda kota Salatiga, H. Muthoin didampingi Kepala dan Sekretaris Dinas Perizinan dan Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu (PPMPTSP) menyempatkan diri untuk melakukan kunjungan langsung ke seluruh stand layanan public dalam rangka mengetahui sejauh mana tingkat kesiapannya, khususnya sarana dan prasarananya.
Dalam sambutannya Sekda Kota Salatiga, H. Muthoin menjelaskan bahwa Mall pelayanan public ini merupakan obsesi Pemerintah Kota Salatiga untuk memberikan pelayanan prima kepada seluruh masyarakat.
Ditambahkan oleh, H. Muthoin bahwa Pelayanan Publik ini bertujuan mengintegrasikan pelayanan serta memudahkan masyarakat dalam hal pengurusan administrasi.
“MPP harus menjadi solusi dengan menghadirkan pelayanan yang cepat, ramah dan terintegrasi. Kecepatan memberikan layanan tersebut harus menjadi perhatian bersama seluruh Perangkat Daerah,” katanya.
Selanjutnya, H. Muthoin menegaskan Mall Pusat Pelayanan Publik akan menyediakan semua pelayanan publik seluruh instansi yang ada di kota Salatiga dalam satu tempat hingga memudahkan masyarakat dalam mengurus kepentingannya sehingga dalam pengurusan perizinan dan non perizinan lebih efektik dan efesien, tegasnya.
Kepala Sub Bag TU Kankemenag Kota Salatiga, H. Nurcholis di sela – sela uji coba MPP mengatakan MPP ini sebagai wujud sinergitas antara Instansi vertikan yakni Kementerian agama dengan Pemerintah Daerah dalam hal Pelayanan pada masyarakat.
“Kemenag kota Salatiga mengucapkan terima kasih kepada walikota Salatiga atas ajakannya dalam Mall Pelayanan Publik. Kami sangat bangga sekaligus menjadi motivasi bagi kami agar pelayanan publik Kemenag kota Salatiga bisa lebih optimal,”ujarnya.
Selanjutnya dalam kesempatan itu, H . Nurcholis berpesan agar petugas layanan pada stand Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga di MPP diisi dengan petugas yang credibel dan berkompetensi di bidang pelayanan publik, bukan saja memuaskan bagi organisasi Kemenag tetapi yang lebih penting lagi , ia bisa memuaskan semua masyarakat yang membutuhkan layanan kemenag.
Lebih lanjut lagi Nurcholis mengatakan bentuk pelayanan yang disediakan di stand Kementerian Agama berupa layanan informasi haji, rekomendasi umroh, pendaftaran SIMAS, layanan informasi produk halal, layanan informasi pengukuran arah kiblat dan layanan informasi pengurusan sertifikat wakaf.(Khusnul/Fitri)