Petugas Humas Agar Bentuk Opini Positif
Semarang – Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Farhani menekankan pentingnya analisa wacana opini public oleh petugas Humas. Hal tersebut diungkapkan Farhani di diihadapan peserta Workshop Jurnalistik Kehumasan se Provinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan Kamis (2/3), di Hotel Grasia. Workshop diikuti petugas humas se Kabupaten/Kota se Jawa Tengah berjumlah 45 orang
“Opini publik merupakan tanggapan terbuka terhadap persoalan yang dinyatakan dengan kata-kata lisan maupun tulisan. Jadi sangat penting bagi seorang Petugas Kehumasan atau Public Relation (PR) untuk mampu menganalisa opini publik yang berdampak langsung pada eksitensi dan citra suatu instansi,”ungkapnya.
Menurut Farhani, opini yg muncul di media massa akan berdampak pada citra sebuah lembaga. Apabila opini yang muncul positif maka image yang akan terbentuk positif pula. Begitu juga sebaliknya . “Sebagai contoh publikasi pelayanaan haji semakin mudah akan menimbulkan opini positif pula”, ujarnya
Terkait pembentukan opini publik tersebut, Farhani berpendapat, publikasi berupa pemberitaan di media massa merupakan langkah yang strategis. Oleh karenanya, Farchani meminta Kementerian Agama Kabupaten/Kota aktif memberikan kontribusi berita melalui website Kanwil maupun Kabupaten/Kota.
Farchani mengharapkan, workshop ini memberikan manfaat bagi petugas humas dan dapat diaplikasikan di tempat tugasnya masing- masing –kk