Selamat Datang Di Portal Website Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga Provinsi Jawa Tengah ||

Ibadah Haji wujud ekspresi ketaatan kepada Allah SWT.

2018-07-09 11:34:48

Salatiga - pemerintah Kota Salatiga bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga melaksanakan Kegiatan pembukaan manasik haji kota Salatiga hari ini Senin (09/07/2018) di Aula kampus 1 IAIN Salatiga.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kabid PHU Kanwil Kemenag Prov. Jateng (Drs. H. Sholikhin, MM), wakil Walikota Salatiga (Moh. Haris), Kepala kankemenag kota salatiga(H.Fahrudin,M.Ag), Kapolres Salatiga dan jajaran pejabat Kankemenag Kota Salatiga yang lain serta seluruh calon jamaah haji se Kota Salatiga.

Kegiatan yang di buka oleh Wakil Walikota Salatiga HM. Haris, SS, M.Si di mulai pada pukul. 09. 00 WIB. Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada petugas TPHD, beliau juga menyampaikan 3 hal yg harus diperhatikan yaitu :
1. Haji adalah salah satu wujud ekspresi ketaatan kepada Allah.
2. Haji adalah cara kita untuk mendekatkan diri kepada orang Soleh sebelum kita.
3. Haji adalah muktamar umat islam seluruh dunia, oleh karenanya kewajiban bagi kita menjaga nama baik kota Salatiga khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya.

Kepala Kantor kementerian Agama Kota Salatiga H. Fahrudin. M.Ag menyampaikan laporan kegiatan manasik haji kota Salatiga yang merupakan Jamaah haji kloter 77 dan 78. Adapun Kloter 77 terdiri 67 calhaj dan 78 terdiri 193 calhaj, terdiri dari 114 orang jamaah laki-laki dan 146 orang jamaah perempuan.

Manasik haji Kota Salatiga dilaksanakan dua kali kegiatan secara teori dan praktek yaitu pada tanggal 9 Juli 2018 dan 17 Juli 2017. Dengan jadwal materi hari pertama Kebijakan Penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 1439 H/2018 M oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh kepala bidang PHU, Drs. H Sholikin, MM dan Hikmah Haji dan Pelestarian Haji Mabrur oleh Kepala Kantor kementerian Agama Kota Salatiga. Adapun hari kedua adalah praktek pelaksanaan Haji dan Umroh oleh Tim Pembimbing Manasik Haji dan Umroh Kantor kementerian Agama Kota Salatiga. (Dwisur/Mnc)