Selamat Datang Di Portal Website Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga Provinsi Jawa Tengah ||

Berita


Rasa Haru dan Khidmad Melepas Calon Jemaah Haji Kloter Terakhir Kota Salatiga TH. 1439 H / 2018 M

2018-08-14 14:56:05

Salatiga - Seksi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga telah melaksanakan kegiatan pelepasan calon Jemaah Haji Kota Salatiga selasa (14/08/2018) ke di halaman apel kantor Kementerian Agama kota Salatiga pukul 10.30 wib.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga Drs. H. Fahrudin, M.Ag menyampaikan sambutan sekaligus doa pelepasan calon jemaah haji dengan penuh rasa haru dan khidmad. Dalam sambutannya beliau mendoakan semoga dalam pelaksanaan ibadah haji dapat dilaksanakan dengan lancar, diberi kesehatan dan menjadi haji yang mabrur dan mabruroh.

Menurut kepala Seksi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga Hj. Retno Woro Widati, MH, bapak Muh Tulchah dan ibu Wasiah adalah jamaah haji kota Salatiga TH. 1439 H / 2018 M yang diberangkatkan kloter terakhir yaitu kloter 95 dari Embarkasi Solo.

Acara pelepasan diakhiri dengan kumandang adzan oleh ASN dari seksi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga Qomarudin Syafaat, SHI. (Ulfa/Mnc/Dwisur)


Sosialisasi Pengukuran Indeks Profesionalitas (PIP) Aparatur Sipil Negara (ASN) Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga.

2018-08-13 13:52:29

Salatiga - Urusan Kepegawaian Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga Senin (13/08/2018) mengadakan Sosialisasi Pengukuran Indeks Profesionalitas (PIP) Aparatur Sipil Negara (ASN) di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga Drs. H. Fahrudin, M.Ag memberikan arahan dalam pembukaan kegiatan tersebut bahwa pengukuran PIP ini harus segera terisi maksimal hari Rabu 15 Agustus 2018 sehingga harus segera disosialisasikan dan dilaksanakan oleh seluruh ASN di Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga.

Kegiatan yang dibuka oleh Plt. Kepala Sub Bag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga Hj. Retno Woro Widati, MH tersebut dihadiri oleh para kasi, kepala KUA se- kota Salatiga, TU Madrasah dan operator dari masing- masing seksi di Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga.

Hj. Mustadhkiroh, S.Ag, MH selaku Nara sumber dalam kegiatan Sosialisasi tersebut menyampaikan materi yang telah diperoleh dari kegiatan orientasi administrasi dan kinerja kepegawaian (konsinyir kenaikan pangkat (KP) periode oktober 2018) dan pemberian materi pengisian PIP (Pengukuran Indeks Profesionalitas) Aparatur Sipil Negara (ASN) di Hotel Grand Wahid Salatiga Rabu 07 Agustus 2018 sampai dengan tanggal 10 Agustus 2018. (Dwisur/Mnc)


Pemberangkatan Kloter 77 dan 78 SOC

2018-08-09 09:03:40

Sejumlah 260 calon jemaah haji asal Kota Salatiga telah dilepas dan diberangkatkan menuju Asrama Haji Donohudan Kabupaten Boyolali pada hari ini, Rabu (8/8/2018).

Bahkan satu kelompok terbang (kloter) diberangkatkan pukul 03.30 WIB dari halaman Kantor Wali Kota Jalan Letjend Sukowati Nomor 51 Kota Salatiga. “Tadi Kloter 77 diberangkatkan ke asrama sebelum shubuh karena ada kebijakan agar mereka masuk embarkasi sebelum pukul 06.00 Sehingga diberangkatkan sangat awal dan tadi menjalankan salat subuh berjemaah di embarkasi,” jelas Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Salatiga Fahrudin.

Rabu (8/8/2018), beliau menyampaikan secara umum tidak ada perubahan jadwal pemberangkatan seluruh calon jemaah haji asal Salatiga. Ratusan jemaah tersebut dibagi menjadi dua kloter yakni Kloter 77 dan Kloter 78. “Untuk Kloter 77 sebanyak 67 jemaah. Mereka bergabung dengan jemaah asal Kabupaten Semarang dan dalam rombongan ada lima petugas. Berangkat ke Jeddah Arab Saudi pada Kamis (9/8/2018) dini hari atau sekitar pukul 00.55 WIB melalui penerbangan nomor GIA 6317,” tutur Fahrudin.

Sementara, lanjutnya, untuk Kloter 78 berjumlah sekitar 193 jemaah bergabung dengan jemaah asal Kabupaten Demak akan diberangkatkan menuju Jeddah pada hari yang sama pukul 18.15 menggunakan nomor penerbangan GIA 6215 dan diperkirakan tiba di sana pada Jumat (10/8/2018) pukul 02.00 WIB. Terpisah, pada keberangkatan calon jemaah haji tersebut dilepas Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Salatiga Gati Setiti.

Dalam keterangannya dia pun berpesan agar para jemaah sepulang nanti terwujud harapannya yakni menjadi haji yang mabrur dan hajah mabruroh. “Secara rinci apabila ditotal, yang berangkat ke tanah suci pada tahun ini adalah sekitar 119 calon jemaah laki-laki dan sekitar 143 jemaah perempuan. Apabila dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah jemaah yang berangkat bertambah sekitar 49 orang pada tahun ini,” tambah Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kota Salatiga Retno Worowidati. Dia pun menginformasikan, seluruh jemaah asal Salatiga tersebut akan tiba kembali ke tanah air pada 20 September 2018 mendatang. Kloter 77 diperkirakan tiba pukul 03.25 dan Kloter 78 pukul 22.10.


Festival Pengawasan Lintas Iman, Pemilu Tentrem Rakyat Ayem

2018-08-07 15:14:16

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga. H. Fahrudin menghadiri Festival Pengawasan Lintas Iman pagi tadi (07/08/2018) di kampung Percik Kota Salatiga.

Kegiatan yang berslogan Pemilu tentrem rakyat ayem slogan dari percik tersebut dibuka pada jam 09.00 wib oleh Rahmat Barja selaku ketua Banwaslu Indonesia dalam festival pengawasan lintas iman dengan tujuan agar pemilu tidak rusuh dan tentram tanpa ada politik uang dan sara.

Wakil Walikota Salatiga H. Moh Haris dalam sambutannya menyampaikan meski Salatiga adalah kota kecil tapi terpilih sebagai kota tertoleran di Indonesia, memilih kota sbg terompet dan gaungnya terdengar ke seluruh Indonesia untuk kegiatan pesta demokrasi. Untuk bersama-sama mengurangi konflik keagamaan dalam pesta demokrasi.

Kepala kampung percik yang diwakili oleh Setyo Handoyo juga menyampaikan ucapan terimaksih atas kedatangan di kampung percik dengan kemajemukan agama dalam berpolitik.

Rangkaian kegiatan kegiatan lintas iman Banwaslu berakhir lancar aman dan damai ditutup dengan Laporan panitia dari banwaslu oleh faisal, dia menyampaikan bahwa beberapa bulan lagi akan mengadakan pesta demokrasi. Banwaslu membuat kumpulan renungan dan ceramah untuk masing-masing agama sebagai bahan komunikasi umat beragama di masing-masing daerah yang dapat didownload di web banwaslu.(Mnc/Dwisur)


Pengiriman koper calon Jemaah Haji Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga ke Embarkasi Solo.

2018-08-07 15:01:30

Seksi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga telah melaksanakan kegiatan Pengiriman koper calon Jemaah Haji Kantor Kota Salatiga selasa (07/08/2018) ke Embarkasi Solo di halaman belakang kantor Kementerian Agama kota Salatiga.

Menurut kepala Seksi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga Hj. Retno Woro Widati, MH, jamaah haji kota Salatiga berjumlah 262 orang terbagi menjadi 3 kloter yaitu, kloter 77 sebanyak 77 jemaah, kloter 78 sebanyak 193 dan tersisa 2 jemaah masuk dalam kloter 95.

Adapun kloter 77 dijadwalkan masuk asrama haji Donohudan Rabu, (08/08/2018) pk. 06.00 wib, kloter 78 pukul. 16.00 wib. Sedangkan kloter 95 sampai asrama haji Donohudan Selasa, (14/08/2018).

Untuk pembagian maktab wilayah di mekkah jamaah haji kota Salatiga mendapat kloter 77 di Misfalah (2 km dari Masjidil Haram), kloter 78 di Sisyah (4 km dari Masjidil Haram) dan kliter 95 di Jarwal (750 m - 1.3 km dari Masjidil Haram). (Ulfah/Dwisur/Mnc)


Penyerahan Sertifikat Pengukuran Arah Kiblat Masjid/Mushola Se-Kecamatan Tingkir

2018-08-07 14:59:59

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga Drs. H. Fahrudin, M.Ag memberikan arahan sekaligus menyerahkan Sertifikat Pengukuran Arah Kiblat Masjid/Mushola Se-Kecamatan Tingkir kota Salatiga kepada takmir masjid dan mushola se-kecamatan Tingkir, Selasa 07/08/2018 Jam 07.30 wib di Halaman Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga pada saat apel pagi.

Dalam arahannya beliau menyampaikan bahwa arah kiblat merupakan salah satu syarat syahnya sholat sehingga setelah dilaksanakan pengukuran arah kiblat dari penyelenggara syariah Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga maka masjid atau mushola tersebut agar segera menyesuaikan arah kiblatnya.

Dalam kegiatan tersebut penyelenggara syariah Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga mengundang 26 takmir masjid dan mushola yang telah diukur ulang arah kiblatnya untuk mengambil Sertifikat Pengukuran Arah Kiblat.

Menurut Penyelenggara Syariah. Hj. Siti Handayani, SE. MM, Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga Pengukuran arah kiblat periode Mei sampai dengan Juli 2018 yang telah dilakukan oleh tim sertifkasi arah kiblat Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga diseluruh masjid dan mushola se-kecamatan Tingkir Kota Salatiga. (Mnc/Marlan/Dwisur)


Mahasiswa Praktikum Mendampingi Penyuluh Membina Wabin Lapas Salatiga

2018-08-01 12:05:50

SALATIGA- Memenuhi tuntutan tugas kepenyuluhan berupa memberikan tuntunan bacaan doa, dzikir tahlil, kajian rutin Rabunan, khutbah jumah, pelaksanaan PHBI, bakti sosial ataupun ceramah tausiyah merupakan tugas rutin seorang penyuluh Agama Islam, baik atas permintaan secara perorangan maupun lembaga atau instansi baik negeri maupun swasta. Salah satu realisasi pelaksanaan tugas tersebut adalah pemenuhan atas permintaan penyuluhan bagi ratusan warga binaan lembaga pemasyarakatan dari Lembaga Pemasyarakatan Kota Salatiga (01/08/2018).
Mengenai hal ini Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga menjelaskan bahwa kegiatan-kegiatan tersebut juga merupakan salah satu wujud pelaksanaan hasil kesepakatan MOU antara Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga dengan Lembaga Pemasyarakatan Kota Salatiga yang telah ditandatangani kedua belah pihak di awal tahun 2018 ini.
Hadir dalam acara penyuluhan tersebut antara lain petugas pembinaan LP (Parjono), Ketua POKJALUH Kota Salatiga (Mudatsir,M.Si), para penyuluh Agama Islam Fungsional Kota Salatiga, para mahasiswa peserta Praktikum Pengembangan Profesi dari IAIN Salatiga dan semua warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kota Salatiga.
Dalam sambutan pengantarnya Parjono menyampaikan harapan agar kerjasama antara Kementerian Agama dalam hal ini diwakili oleh para Penyuluh Agama dapat terjalin dengan baik seperti saat sekarang ini. Syukur dapat lebih ditingkatkan lagi kualitasnya.
Sementara itu ketua POKALUH Salatiga, Mudatsir dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas kepercayaan selama ini kepada penyuluh agama Islam untuk mendampingi warga binaan dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agamanya. Ke depan ia berharap agar kepercayaan dan kerjasama seperti ini dapat terus dilanjutkan dengan macam dan frekwensi yang lebih intens dengan disertai dukungan sarana dan prasarana yang memadai untuk menunjang kegiatan kepenyuluhan bagi warga binaan.
Adapun dalam tausiyahnya, Ustadz Syakur yang merupakan penyuluh agama wilayah kecamatan Tingkir mengingatkan agar para warga binaan senantiasa menjaga hubungan yang baik dengan sesame di samping tentu saja dengan Sang Pencipta, Allah SWT. Kita harus selalu menjaga keseimbangan dan kelestarian hubungan habluminallah dan hablumminannas. Di samping itu ia juga berpesan agar kita selalu tak henti-hentinya membiasakan membaca Alquran, baik dalam konteks meningkatkan pemahaman nya maupun dalam rangka memperbanyak amal ibadah.
Acara penyuluhan ini diuntai dalam rangkaian kegiatan yang terdiri dari pembukaan, sambutan prakata oleh seksi/ bagian pembinaan dari LAPAS Salatiga, sambutan Ketua POKJALUH dan Ceramah tausiyah oleh Ustadz Syakur dan ditutup dengan doa.
Di tempat terpisah mengomentari pelaksanaan kegiatan di Lapas Salatiga ini Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, Nurcholis, menjelaskan bahwa kegiatan-kegiatan tersebut juga merupakan salah satu wujud pelaksanaan hasil kesepakatan MOU antara Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga dengan Lembaga Pemasyarakatan Kota Salatiga yang telah ditandatangani kedua belah pihak di awal tahun 2018 ini. (monic/editor : nurch)


Kantor Kemenag Salatiga Menerima Kunjungan Audit Kinerja

2018-07-30 16:02:37

SALATIGA- Untuk kesekian kalinya, Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga mendapat kunjungan dari auditor Inspektorat Jendral Kementerian Agama Republik Indonesia dalam rangka audit kinerja selama 14 hari mulai tanggal 30 Juli 2018  sampai dengan 11 Agustus 2018. Demikian hasil penjelasan dari ketua tim audit Irjen dalam kegiatan Briefing pra audit di aula Kankemenag Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga (30/07/2018).

Hadir dalam kegiatan briefing tersebut antara lain anggota tim auditor Itjen yang terdiri dari Moh. Agus Salim, Eliyana Rahmah, Sri Rahayu, Akhmad Muhadjir, Jamiludin Ali, dan Taufik Aryaf. Sementtara itu dari jajaran kantor kementerian agama Kota Salatiga antara lain Kasubag TU (Hj. Retno Worowidati, S.H, MH.), Kasi Bimas Islam (Nurcholis), Kasi Penmad (Muhammad Miftah, S.Ag., MH.), Gara Syariah (Siti Handayani, M.H.), para kepala KUA Kecamatan sekota Salatiga dan para staf pengelola DIPA / PNBP NR, serta Kepala MTsN Salatiga beserta Kepala TU.

Dalam sambutan pengarahannya Ketua Tim Auditor, Eliyana Rahmah , menyampaikan harapan agar para pihak yang menjadi sasaran audit mempersiapkan bahan audit atau berkas SPJ atau LPJ beberapa kegiatan yang menjadi obyek audit.

Dari audit ini, sambung Eliyana, diharapkan hasil sejauh mana efektifitas dan efisiensi dari pelaksanaan anggaran yang ada, memberikan info tentang sejauh mana tingkat capaian target kinerja dari kegiatan yang dilaksanakan dan pemberian skor atau nilai kinerja bagi kantor yang menjadi obyek audit. (monic/editor : nurch)


Peserta Praktikum Observasi Prosesi Pencatatan Nikah Di KUA

2018-07-27 11:45:40

SALATIGA- Pengetahuan yang bersifat teoritis yang didapat mahasiswa dari bangku kuliyah sudah seharusnya disertai wawasan praktis sesuai realita di lapangan agar mereka terhindar dari verbalisme, yakni mampu mengatakan sesuatu tetapi kurang paham isinya. Hal inilah yang mendasari dilaksanakannya kegiatan observasi lapangan melalui pengamatan prosesi pencatatan akad nikah di Kantor Urusan Agama Kecamatan Tingkir  yang diinisiasi oleh Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga tadi pagi (27/07/2018).

Kegiatan observasi itu diikuti oleh semua peserta praktikum di kankemenag Kota Salatiga, kecuali itu Kasi Bimas Islam, Nurcholis, secara langsung mendampingi kegiatan tersebut sekaligus memberikan pengarahan teknis tentang hal hal yang perlu diperhatikan dalam pengamatan tersebut.

Dalam kegiatan tersebut peserta praktikum secara langsung dapat mengamati teknis pemeriksaan catin sebelum akad nikah, prosesi akad nikah dan penyelesaian akhir administrasi pencatatan nikah.

Seuasi kegiatan pengamatan itu Nurcholis menekankan beberapa hal yang harus dipahami oleh peserta praktikum, antara lain tentang syarat rukun nikah, tata urutan upacara akad nikah, siapa yang berwenang menangani pengawasan dan pencatatan nikah serta apa saja yang bisa didelegasikan atau diwakilkan. Mana yang bersifat wajib dan mana yang bersifat sunah atau tambahan.

Dalam kesempatan itu, yang bertindak sebagai petugas pencatat nikah adalah Penghulu Kecamatan Tingkir, Sudarno, S.Ag.  (Nurch/editor : monic)


Kegiatan Binwin Berlangsung Sukses

2018-07-26 11:59:16

SALATIGA- Kegiatan Bimbingan Perkawinan yang dilaksanakan oleh Panitia Pelaksana Kegiatan Bimbingan Perkawinan Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama kota Salatiga telah berlansung dengan lancar dan sukses. Hal itu didapat dari kesimpulan rapat evaluasi kegiatan Bimbingan Perkawinan yang diselenggarakan oleh seksi Bimas Islam pagi tadi di ruang seksi Bimas Islam Kankmeneag Kota Salatiga (26/07/2018).

Rapar Evaluasi tersebut diikuti oleh seluruh ASN seksi Bimas Islam, pemateri, pejabat fungsional pranata computer yang sekaligus selaku tenaga dokumentasi kegiatan dan rapat evaluasi dipimpin langsung oleh Kasi Bimas Islam, Nurcholis.

Dalam rapat itu disampaikan semua hal yang dianggap sebagai kekurangan maupun  kelebihan. Nurcholis berharap agar masukan yang dianggap sebagai kelebihan atau kekurangan nantinya dapat digunakan sebagai bahan kooreksi dan perbaikan dalam pelaksanaan kegiatan sejenis di masa yang akan datang.  (nurch/editor : monic)