Selamat Datang Di Portal Website Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga Provinsi Jawa Tengah ||

Berita


Penyuluh Agama Islam Diharapkan Ikut Andil Dalam Pemberantasan Penyakit Asma

2018-10-15 09:18:50

SALATIGA – Peran penyuluh Agama Islam memang sangat strategis  di hampir setiap segi kehidupan , termasuk peranannya dalam bidang kesehatan khususnya dalam rangka pemberantasan penyakit asma melalui bahasa agama.  Hal ini terbukti ditunjuknya beberapa  penyuluh agama Islam  fungsional  lingkungan kemenag kota Salatiga untuk mengikuti kegiatan  Workshop Penyakit Asma  yang bertempat di Klinik Paru Masyarakat , jalan  brigjend sudiarto Salatiga (Jum'at, 12 okt 2018) yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kota Salatiga. Acara  workshop te ... [Read More]


Kankemenag Damping Walikota Sambut Kunjungan Kerja FKUB Sumba Tengah

2018-10-12 10:54:05

SALATIGA- Jalinan kerjasama koordinatif  antar  institusi  atau lembaga pemerintah merupakan hal yang penting dan menjadi factor pendukung yang penting  dalam rangka melaksanakan pembangunan di semua sector. Hal itu ditunjukkan dalam kegiatan hari ini (Jumat 12 Oktober 2018) berupa penyambutan bersama antar pejabat antara lain Wali Kota Salatiga, anggota Forkompinda, Kepala Kementarian Agama Kota Salatiga  dan pengurus FKUB Kota Salatiga atas  kunungan kerja  FKUB Sumba Tengah  di Ruang Plumpungan Sekot Salatiga . Dalam Sambutannya, FKUB Sumba Tengah ya ... [Read More]


Peran Penyuluh Agama Dalam Mendukung Program Kesehatan

2018-10-09 16:03:27

SALATIGA-  Peran Penyuluh agama Islam  diakui  memang menduduki posisi penting dalam peningkatan kesadaran umat dalam mengamalkan ajaran agama bahkan ada yang berani mengatakan bahwa penyuluh agama merupakan ujung tombak bagi kementerian agama di masyarakat.  Hal ini berarti penyuluh agama memegang salah satu kunci kesuksesan  kementerian agama dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya dalam pembangunan  khususnya bidang keagamaan. Tidak menutup kemungkinan para penyuluh agama ini juga berperan dalam mendukung pelaksanaan pembangunan di bidang yang lain, seperti bidang kependudukan dan keluarga berencana, pencegahan penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja dan masyarakat umumnya, atau membantu dan mendukung pelaksanaan program pemerintah yang lain,  di bidang kesehatan misalnya.

Hal ini seperti yang dilakukan oleh penyuluh agama Islam fungsional wilayah  kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga, Siti Asyfiah dan Idh Anifah melalui kegiatan pertemuan rutin Paguyuban Paru Sehat Salatiga (PPSS) di Klinik Paru Masyarakat (KPM) yang dihadiri oleh semua anggota dan sebagian petugas Medis KPM (4/10/2018). (ashfiyah/ edit: nurch/monic)


Peran Penyuluh Dalam Pembangunan Bidang Agama

2018-10-09 16:02:23

SALATIGA-  Peran Penyuluh agama Islam  diakui  memang menduduki posisi penting dalam peningkatan kesadaran umat dalam mengamalkan ajaran agama. Hal ini berarti penyuluh agama memegang salah satu kunci kesuksesan  kementerian agama dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya dalam pembangunan  khususnya bidang keagamaan. Bahkan tidak menutup kemungkinan para penyuluh agama ini juga berperan dalam mendukung pelaksanaan pembangunan di bidang yang lain, seperti bidang kependudukan dan keluarga berencana, pencegahan penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja dan masyarakat umumnya, yang semua itu tentu disampaikan oleh para penyuluh agama  melalui bahasa agama.

Peran para penyuluh agama tersebut biasanya dilakukan di lingkungan majelis taklim majelis taklim yang menjadi binaan mereka, atau kegiatan kegiatan pengajian yang bersifat incidental baik di tingkat usia remaja maupun orang-orang dewasa. Di kalangan jamaah laki-laki maupun wanita.

Dalam rangka seperti itulah, penyuluh agama Islam kecamatan Sidorejo , Murtadlo, melaksanakan tugas mulianya. Sebagaimana pada Kamis sore  (4/'10/2018) ia melakukan kegiatan pendampingan terhadap majelis taklim An Nisa’ tegalrejo, majelis taklim  binaannya yang menyelenggarakan kegiatan pengajian di Musholla Al Makmur Tegalrejo Argomulyo Salatiga.

Kegiatan pengajian tersebut diisi dengan beberapa macam acara seperti pembacaan sholawat nariyah, asmaul husna, Yasin tahlil, dan ceramah atau maidloh hasanah dengan tema esensi hidup manusia.

Kegiatan tersebut diikuti oleh puluhan anggota jamaah yang terdiri dari para ibu ibu rumah tangga, remaja putri dan beberapa tokoh agama wilayah setempat. (nurch/editor: monic)


Penyuluh Agama Tidak Pernah Diskriminasi

2018-10-09 16:01:07

SALATIGA- Penyuluh agama Islam tidak pernah dan tidak boleh membeda bedakan strata social maupun ekonomi dalam menjalankan tugas kepenyuluhannya. Kalangan orang kaya maupun kalangan orang miskin mereka layani dengan kualitas yang sama demi peningkatan wawasan dan kesadaran keberagamaan  di kalangan masyarakat binaannya.

Sebagaimana yang dilakukan oleh penyuluh agama Islam fungsional kecamatan Tingkir, Kota Salatiga, Drs. Noor Rohman. Penyuluh tersebut dengan tekun membimbing dan mendampingi jamaahnya yang tergabung dalam Kelompok Pengajian Majelis Taklim Fatimah Zahra Nanggulan, Tingkir, Salatiga setiap kamis sore. Kegiatan pengajian rutin ini  berisi  bacaan dzikir tahlil, dan ceramah maidloh hasanah yang pada kali itu bertemakan Iman kepada Allah hidup memberi manfaat bagi sesame Muslim.(4/10/2018)

Kegiatan ini berlangsung secara rutin pada hari Kamis, pukul 16.00  sampai dengan 17.00 WIB dan dihadiri oleh segenap pengurus dan anggota. (noor rohman/nurch/monic)


Pemberian Santunan Yatim Piatu Muharram 1440 H panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kota Salatiga.

2018-10-05 15:37:30

Pemberian santunan untuk anak yatim piatu merupakan rangkaian peringatan Muharram 1440 H Ta'aruf peringatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kota Salatiga. Kegiatan yang dilaksanakan di MI Pulutan Kota Salatiga, Jumat (05/10/2018) tersebut, penyerahan diwakili oleh Drs. H. Agus Rahmad Yuwanta selaku kordinator pawai ta'aruf Muharram 1440 H tahun 2018 . Terkait dengan kegiatan tersebut pemberian santunan untuk anak yatim piatu senantiasa dilaksanakan oleh panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kota Salatiga dikarenakan Momentum muharam merupakan Idul Yatama, berdasarkan anjuran ... [Read More]


Tingkatkan Mutu Pelayanan Publik menggunakan Pemanfaatan Teknologi Informasi atau E-Government.

2018-10-04 15:32:27

Sekretariat Jenderal (Setjen) Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, melaksanakan kegiatan Rakor Pelaksanaan Program Reformasi Birokrasi Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, Kamis (04/10/2018) di aula Kantor Kementerian Agama Kota

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, Drs. H. Fahrudin, M.Ag memberikan sambutan dalam kegiatan tersebut. Dalam arahan beliau menyampaikan betapa pentingnya Tim Program Reformasi Birokrasi, merupakan perintah dari regulasi yang ada mulai dari atas propinsi maupun dari pusat untuk menjadi pemerintahan e-government yang profesional dan canggih. Oleh karenanya kita harus selalu bersiap dam bernenah diri untuk mencapai e-government, jadi tidak ujug-ujug tetapi harus melalui step by step dengan membetuk tim, bekerja dan evaluasi atas dasar surat keputusan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga.

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Sub Bagian tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga H. Muhamad Sholeh Mubin. S.Ag, MH tersebut dihadiri oleh 30 peserta yang terdiri dari JFU kankemenag, dari MAN, MTsN, dan KUA se-Kota Salatiga.

Terkait dengan kegiatan tersebut, kasubbag TU menyampaikan materi pokok diantaranya adalah Program Reformasi birokrasi yang memiliki landasan :
A. INTERNAL :
1. Arahan Menteri Agama, Benahi administrasi, tingkatkan tranparasi, implementasikan layanan prima dan kuatkan kerjasama.
2. Amanat Rakernas 2016, mencapai point BB (sangat baik) akuntabel, berkinerja baik , memiliki sistem.managemen kinerja yang andal dalam capaian kinerja kemenpan RB.
3. 5 nilai
nahan melalui e- Government dan perbaikan pelayanan langsung dirasaka. Masyarakat anggaran harus berbasia money follow program bukan money gollow function.
2. Reguler, UU 25 tahun 2009, Inpres no 3 tahun 2013, PMa 65 tahun 2013.
3. Tuntutan Publik, Masyarakat membutuhkan pelayanan yang sesuai dengan era digital.
4. Tuntutan Inovasi. Kementerian lain (KL) sudah memiliki berbagai inovasi berbasis teknologi. (DWISUR/mnc)


KEMENAG KOTA SALATIGA AKREDITASI LPZ DI LAZIZ JATENG SALATIGA dan LAZIZ MU

2018-10-03 15:31:04


SALATIGA- Upaya menjaga dan meningkatkan kredibilitas Lembaga Pengelola Zakat yang amanah, akuntabel dan tertib adminstrasi senantiasa harus dilakukan. Hal ini tidak lain agar memotivasi masyarakat muslim berkehendak untuk mau menyalurkan zakat, infaq dan sodaqohnya melalui lembaga amil zakat tersebut. Salah satu bentu upaya peningkatan kredibilitas itu adalah dengan mengadakan program akreditasi terhadap lembaga pengelola zakat.

Bertempat di Kantor Sekretariat LAZIS JATENG dan LAZIZ MU Salatiga Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, H. Fahrudin, melaksanakan program akreditasi bagi para pengelola zakat yang diistilahkan dengan nama Lembaga Pengelola Zakat. (2/10/2018). Kegiatan akreditasi tersebut dilakukan dengan mengunjungi dan bertatap muka untuk memberikan pengarahan tentang kewajiban regulative yang harus dilakukan oleh suatu lembaga pengelola zakat.

Acara tatap muka dalam rangka akreditasi Lembaga Pengelola Zakat itu dihadiri oleh kakankemenag kota salatiga, H. Fahrudin, M. Ag., gara syariah berserta staf, dan jajaran pengurus Laziz Jateng dan Laziz Mu Salatiga.

Dalam sambutan pengantarnya, gara syariah menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan ke laziz jateng dan laziz MU dalam rangka Akreditasi LPZ di Salatiga

Sementara itu, H. Fahrudin, memberikan pembinaan sebagai wujud pelaksanaan tupoksi atas semua lembaga pengelola Zakat. Dalam sambutannya, ia berharap LAZIS Jateng dapat memberikan pelayanan prima kepada klien, menyampaikan laporan periodic sebagaimana tuntutan regulasi yang ada secara professional serta secara internal dapat menunjukkan sebuah bentuk managemen yang baik. Fahrudin juga menyampaikan tentang kisi-kisi penilaian akrediatsi terhadap lembaga pengelola zakat yakni antara lain : Program rencana kerja, pengumpulan, pentasyarufan, pelaporan, struktur kepengurusan sudah sesuai dengan regulasi yg sesuai atau belum dan sebagainya. (nurch/ editor : monic)


Kankemenag Kota Salatiga Laksanakan Program Akreditasi OPZ di Baznas Salatiga

2018-10-01 15:47:42

Salatiga- Untuk mendukung terwujudnya lembaga Organisasi Pengelola Zakat yang kredibel dan acountable terhadap pelaksanaan tugasnya dalam memobilisasi, mengumpulkan dan mengelola dana zakat yang masuk ke badan atau lembaga pengelola zakat umat perlu didukung dengan adanya  Kegiatan proses akreditasi terhadap lembaga/organisasi pengelolanya yang terdapat di masyarakat , Nah, dalam rangka itulah, pagi tadi (01/10/2018) Kankemenag Kota Salatiga yang dileading sektori Penyelenggara Syariah mengadakan kegiatan Akreditasi OPZ yang ada di kota Salatiga. Adapun yang diakreditasi pada tahap ini meliputi BAZNAS, Lazis Jateng dan LAZIS Muhammadiyah.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh kakankemenag kota salatiga, H. Fahrudin, M. Ag.,  gara syariah (Siti Handayani) berserta staf, dan  jajaran pengurus Baznas Kota Salatiga.

Dalam sambutannya, H. Fahrudin menyampaikan dan menekankan pentingnya optimalisasi fungsi zakat dan kesesuainnya dengan tuntunan syariah maupun tuntutan regulasi yang berlaku. Ia juga mengharapkan agar BAZNAS  juga melaksanakan pelaporan sebagaimana tuntutan pertanggungjawaban yang diharapkan oleh aturan yang berlaku.

Sementara itu  pada saat yang sama dalam pengantar sambutannya, gara Syariah meminta agar Baznas selalu berkoordinasi dengan kemenag. Adapun yang menjadi standart akreditasi adalah  program rencana kerja,  pengumpulan,  pentasyarufan, pelaporan, struktur kepengurusan sudah sesuai dengan regulasi yg sesuai atau belum. (editor : nurch/monic)


Kankemenag Salatiga Laksanakan Pendampingan Kegiatan Study Banding FKUB

2018-10-01 09:36:22

SALATIGA- Upaya peningkatan kualitas kerukunan antar umat beragama harus terus dilakukan dengan berbagai cara dan metode yang dianggap efektif dan mengena. Salah satu metode tersebut adalah dengan melaksanakan kegiatan study banding ke pihak lain yang dianggap memiliki keistimewaan atau kelebihan dalam hal prestasi kinerjanya.

Sebagaimana study  banding yang dilaksanakan oleh FKUB ( Forum Komunikasi Kerukunan Umat Beragama) Kota Salatiga pada pengurus FKUB Kabupaten Sragen yang difasilitasi oleh leading sector pembangunan bidang keagamaan yakni Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga pada Sabtu, 29 September 2018.

Turut mendampingi kegiatan stusy banding tersebut antara lain Kepala Kankemenag Kota Salatiga, H. Fahrudin, M.Ag., Kabag Kesra Pemkot Salatiga (BPH. Pramusinta), Kasi Bimas Islam Kemenag Kota Salatiga (Nurcholis), Kasubag TU Kankemenag Kota Salatiga (M. Sholeh Mubin) dan beberapa pejabat lain dari jajaran pemkot Salatiga.

Sementara itu pihak tuan rumah tampak hadir seluruh anggota pengurus FKUB Kabupaten Sragen, serta ikut menyambut kunjungan kerja FKUB Kota Salatiga tersebut tampak Wakil Bupati Kabupaten Sragen, Dedy Endriyanto

Dalam sambutannya  Wakil Bupati Sragen menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kunjungan kerja study banding FKUB Kota Salatiga di FKUB Kabupaten Sragen. Dengan study banding ini diharapkan dapat saling bertukar informasi menyangkut dinamika kerukunan umat beragama di wilayah masing masing. Mungkin ada persoalan yang butuh penyelesaian dengan cara berguru antara satu dengan yang lain, misalnya dalam hal ini antara FKUB Salatiga dengan FKUB Kab. Sragen.

Sedangkan Ketua FKUB Kota Salatiga, KH. Noor Rofiq menyampaikan tujuan dan maksud dari kunjungan study banding ke kab. Sragen. Meskipun bila menurut sejarahnya Salatiga merupakan cikal bakal kelahiran FKUB, namun FKUB Kota Salatiga masih butuh pengayaan berbagai  metode untuk  penyelesaian atas kasus kasus yang mungkin saja nantinya terjadi di kota Salatiga.

Kepala Kankemenag yang sekaligus dalam hal ini sebagai Penasihat FKUB Kota Salatiga, H. Fahrudin berkesempatan menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada segenap pengurus FKUB Kab. Sragen dan Bupati Kab. Sragen yang diwakili oleh Wakil Bupati Sragen. Ia berharap semoga kerja sama dan silaturrahmi ini dapat terus dijaga dan dilakukan.

Dalam kesempatan itu pula dilakukan tukar menukar cindera mata sebagai kenang-kenangan masing masing dari pertemuan dan kegiatan study banding tersebut.  (nurch/editor:monic)