Selamat Datang Di Portal Website Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga Provinsi Jawa Tengah ||

Berita


Bimas Islam Rakor Persiapan Sambut 1 Syawal

2018-06-08 09:57:09

Salatiga- Seiring selesainya bulan Romadlon,  yang telah menginjak hari ke 22, yang berarti kurang 7 hari lagi tiba di hari 1 syawal, hari Raya Idul Fitri.

Dalam rangka itulah seksi Bimas Islam kankemenag kota Salatiga tadi siang melaksanakan rakor persiapan pelaksanaan sholat idul fitri tingkat kota salatiga yang direncanakan dilokasikan di lapangan Pancasila sembari menunggu keputusan pemerintah untuk kepastian tanggal 1 syawalnya.

Adapun rapat itu dihadiri oleh seluruh JFU seksi Bimas Islam ditambah beberapa anggota panitia amalan romadlon tingkat kota Salatiga yang dipandang strategis dan bersentuhan langsung dengan jamaah di lapangan.

Tampak hadir untuk memimpin rakor tersebut, kasi bimas Islam (Nurcholis), sekretaris PAR, Mustadzkiroh, bendahara PAR,  Hrsti Umi Sholihati, JFU leading sektor PHBI (Samsul Huda), M. Rofi'i dan Sriyanto (pembina pramuka) dan ASN lainnya.

Nurcholis dalam pengarahannya mengharapkan semua persoalan teknis yang menyangkut persiapan dan penyelenggaraan sholat id dapat diinventarisasi sekaligus dapat diputuskan solusi antisipasinya melalui rakor tersebut. (ekow/ nurch/mnc)


Hasil Ujian Nasional MI Perwanida Mampu Menempati Peringkat Kedua MI se-kota Salatiga.

2018-06-07 11:26:38

MI Perwanida Salatiga mengadakan acara akhirussanah dan pelepasan siswa kelas 6, bertempat di aula MI Perwanida, Rabu (06/06).

Dalam kegiatan tersebut kepala MI Perwanida Achmad Arifin, S.Ag menyampaikan bahwa Lulusan tahun 2018 ini merupakan lulusan angkatan pertama, karena MI Perwanida yang didirikan pada tahun 2012 tersebut baru melahirkan lulusan pertama namun demikian prestasi yg didapatkan sangat menggembirakan, karena hasil Ujian Nasional MI Perwanida mampu menempati peringkat kedua MI se-kota salatiga.

Kegiatan yang dihadiri oleh Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga H. Muhammad Miftah, S.Ag.MH. dan pengawas madrasah Hj. Musayadah, S.Ag Dalam sambutannya kasi penmad memberikan apresiasi yang setinggi tingginya atas prestasi yg di capai oleh MI Perwanida, diharapkan pada tahun yg akan datang akan lbh berprestasi lg, dukungan komite dan orang tua siswa sangat penting untuk membangun pendidikan yg bermutu dan berkarakter menuju madrasah hebat dan bermartabat. (Miftah/Dwisur/Mnc)


Silaturrohim Menjelang Idul Fitri Menebar Persaudaraan dan Kedamaian.

2018-06-07 11:23:48

Kepala kantor kemenag kota Salatiga H. Fahrudin, M.Ag menyelenggarakan Safari silaturahmi menjelang idul Fitri 1439 H dengan beberapa tokoh agama di kota salatiga didampingi kepala KUA kec. Tingkir Imam Talmisani, S. Ag, MH dan Kepala KUA kec. Sidorejo, Sirojudin, S.Ag, MH.Selasa (06/06). Kegiatan ini dimulai sejak pukul 07.30 s/d 10.30 wib. Kegiatan yang dilakukan H. Fahrudin tersebut adalah dalam rangka Menebar Persaudaraan dan Kedamaian serta mempererat tali silaturahmi antara umarok dengan ulama. Adapun kegiatan itu diawali dengan melaksanakan rangkaian kunjungan ke 10 tokoh agama di kota ... [Read More]


Taubatan Nasucha Agar Istiqomah dan Chusnul Khotimah.

2018-06-06 14:44:16

Salatiga-Kegiatan tarawih silaturrahim (tarhim) Panitia Amalan Romadhon (PAR) tingkat Kota Salatiga tahun 1439 H / 2018 M putaran ke 12 telah dilaksanakan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) klas II-b Kota Salatiga, Selasa (05/06/2018) jam. 18.45 - 20.30 wib. Kegiatan yang dihadiri oleh Forkompinda kota Salatiga, Kepala Kankemenag, Kepala LP, ASN dan seluruh anggota binaan di LP tersebut serta tokoh agama Islam Kota Salatiga berlangsung dengan lancar dan hikmad. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, H. Fahrudin, M.Ag bertindak sebagai petugas Imam dan Khotib (Penceramah) dalam kegiatan T ... [Read More]


Hakekat Puasa

2018-05-22 14:39:26

Salatiga-Mengawali kegiatan tarawih silaturrahim (tarhim) tingkat kota Salatiga Panitia Amalan Romadlon Kota Salatiga menyelenggarakan kegiatan tersebut di Rumah Dinas Wakil Walikota Salatiga senin malam (21/05/2018). Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Walikota Salatiga, Yulianto, Wakil walikota, Muh. Harris,  Kapolres Salatiga (Himmy),  Kepala Kankemenag kota Salatiga, H. Fahrudin,  komandan Kodim 0714, Ketua Pengadilan Negeri Salatiga dan pejabat forkompinda Salatiga lainnya serta masyarakat sekitarnya. Dalam sambutannya, Muh. Harris selaku tuan rumah menyampaikan terimaka ... [Read More]


Pengisian Daftar Isian Akreditasi ( DIA ) harus melalui WEB.

2018-05-16 10:51:24

Seksi pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga mengadakan Sosialisasi Pengisian Daftar Isian Akreditasi ( DIA ) Rabu, (16/05) bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga.

Kegiatan yang menghadirkan Seluruh kepala Madrasah dan operator Emis yang terdiri dari 13 MIN / S, 6 MTs N / S dan 2 MAN / S dimaksudkan untuk menindaklanjuti edaran dari Badan Akreditasi Sekolah/Madrasah (BAN S/M) Provinsi Jawa Tengah melalui Unit Pelaksana Akreditasi sekolah/Madrasah (UPA S/M) Kota Salatiga dalam pengisian DIA melalui web yang sudah ditentukan dengan login NPSN Sekolah/Madrasah masing masing.

Terkait dengan kegiatan yang dihadiri oleh 40 peserta tersebut diisi oleh Nara sumber yang merupakan Sekretaris Unit UPA S/M Salatiga, Drs. H Budiyanto, M.Pd dilanjutkan tanya jawab yang dipandu oleh moderator Saefudin, M.Pd pengawas Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga. (Dwisur/ARY/Mnc)


Seminar Ikatan Guru Raudhotul Athfal (IGRA) Kota salatiga,

2018-05-15 15:49:25

Dalam rangka peningkatan kualitas para pendidik di wilayah kota Salatiga, Ikatan Guru Raudhotul Athfal (IGRA) Kota salatiga menyelenggarakan seminar Guru RA Selasa(15/05) di Balai Dukuh Pungkursari Salatiga.

Kegiatan yang bertujuan meningkatkan kompetensi guru RA, menambah wawasan bagi guru dalam membentuk karakter anak didik dan menjalin silaturrahmi antar guru Kementerian Agama dan IAIN tersebut mengundang seluruh guru dan kepala sekolah RA se kota Salatiga sebanyak 160 orang.

Kegiatan seminar tersebut, dihadiri oleh kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, H. Muhammad Miftah, S. Ag. MH yang didampingi oleh pengawas Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga H. Agus Rahmad Yuwanta, S.Pd dan Hj. Musayadah, S. Ag. Dalam sambutannya kasi penmad menyampaikan bahwa fungsi guru tidak hanya mentransformasi ilmu pengetahuan secara intlektual, mampu berpikir secara saintifik dan filosofis saja, tetapi juga mampu mengembangkan spiritualnya. Untuk mencapai generasi emas Indonesia maka diperlukan jg usaha meningkatkan mutu pendidikan di indonesia.

Seminar diisi dua nara sumber yaitu H. Muhammad Miftah, S. Ag. MH, kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga dan Dra. Siti Asdiqoh, M.SI ketua program study PIAUD IAIN Salatiga.

Acara tersebut bertema Peran Guru RA dalam Membentuk Karakter Anak menuju Generasi Emas terlaksana dengan baik, lancar dan sukses. (Dwisur/ARY/Mnc)


Program menyapa UmatKepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga

2018-05-15 08:52:16

 

Ada bebarapa upaya yang bisa dilakukan oleh seorang pejabat untuk lebih mendekatkan diri dengan masayarakat. Salah satunya adalah “Program Menyapa Umat” yang dilakukan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga. Pada hari Senin tanggal 14 Mei 2018 Drs. Fahrudin, M. Ag selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga melaksanakan kegiatan sholat berjamaah maghrib dan isya’ di dua masjid yang berbeda di wilayah kecamatan Tingkir Kota Salatiga. Hadir mendampingi beliau adalah Kepala KUA Kecamatan Tingkir Bapak Imam Talmisani bersama staff dan penyuluh Agama Islam.

Menurut Imam Talmisani, kegiatan tersebut disambut positif oleh masyarakat dengan harapan agar kegiatan serupa bisa diteruskan untuk tahun tahun mendatang. Disamping menyapa langsung masyarakat yang ada di kelurahan, progam ini juga bisa mengetahui persoalan persoalan nyata yang ada di masyarakat,  khususnya kaum muslimin. Salah satunya adalah persolan pemahaman agama yang berkembang di tengah masyarakat yang akhir-akhir ini sering berbenturan dengan pemahaman pemahaman keagamaan baru yang belum tentu sesuai dengan kultur keindonesiaan.

Diawali sholat maghrib berjamaah di masjid Darussalam dusun kalilondo, Fahrudin menjadi imam sholat. Usai sholat dan membaca wirid beliau menyampaikan kultum. Setelah kultum selesai Fahrudin menyerahkan dana UPZ kepada takmir masjid setempat  sebesar Rp. 1.000.000. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan meluncur di lokasi selanjutnya yaitu masjid Roudlotul Muttaqin Dusun Klumpit untuk sholat isya’ berjamaah. Di lokasi kedua ini, Fahrudin dalam kultumnya menekankan pentingnya memperbanyak amalan ibadah di bulan romadhlon karena pahalanya akan di lipat gandakan oleh Alloh. SWT. (Talmisani)

 

 


Wujudkan Madrasah menjadi Sekolah yang Tidak Menggoyahkan Iman dan Aqidah Anak

2018-05-14 15:43:20

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga Hadir Dalam haflah akhirussanah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Maarif Kutowinangun Salatiga tahun ajaran 2017/2018


Madrasah Ibtidaiyah (MI) Maarif Kutowinangun Salatiga mengadakan haflah akhirussanah tahun ajaran 2017/2018, Senin (14/05) di Sekolahan MI Maarif Kutowinangun Kota Salatiga.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, Kasi Pendidikan Madrasah H. Muhammad Miftah, S.Ag, MH.

Dalam sambutannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga Drs. H. Fahrudin, M.Ag. memberikan apresiasi atas kelulusan siswa siswinya yg bisa lulus 100% , setelah lulus diharapkan dpt melanjutkan ke madrasah tsanawiyah, karena kualitas pendidikan madrasah sekarang sudah tidak seperti zaman dahulu, pengelolaan pendidikan madrasah saat ini lebih baik bahkan sebagian madrasah sudah pada level yang baik dibandingkan dengan sekolah yang lain. Kalo anak tidak dimasukkan pada madrasah maka masukkan anak2 pada sekolah yang baik yang tidak menggoyahkan iman dan aqidah anak. (Dwisur/Miftah/Mnc)


Semua Harus Melanjutkan, Tidak Boleh Ada Yang Tidak Melanjutkan Sekolah

2018-05-14 15:39:23

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga didampingi oleh Kasi Pendidikan Madrasah, H. Muhammad Miftah, S.Ag, MH dan Pengawas RA dan MI, Hj. Musayadah, S. Ag menghadiri acara akhirussanah MIN Salatiga, senin (14/05) di sekolahan MIN Salatiga. Kegiatan yang diawali dengan pawai taaruf tersebut diikuti oleh seluruh murid MIN dan sebagian warga sekitar madrasah Ibtidaiyah Negeri Salatiga. Dalam sambutannya Kakankemenag Kota Salatiga menyampaikan pesannya kepada wali murid, siswa kelas 6 dan seluruh siswa, bahwa anak-anak yang lulus tahun ini harus bisa melanjutkan pada jenjang pendidikan be ... [Read More]