Selamat Datang Di Portal Website Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga Provinsi Jawa Tengah ||

Berita


Kartini Milenia Tak Lupa Kodrat Dan Tetap Religius

2018-04-24 14:38:14

Raden Ajeng Kartini, Beliau adalah seorang tokoh pejuang pergerakan wanita yang begitu gigih dalam memperjuangkan hak kaum perempuan untuk memiliki hak yang sama dengan kaum lelaki, tercatat dalam sejarah sebagai pejuang emansipasi wanita, pelopor kebangkitan kaum perempuan di Indonesia. Terkait dengan hal tersebut, pada hari selasa (24/04) ASN dan  Darma Wanita Persatuan Kantor Kementerian  Agama Kota Salatiga melaksakan Upacara peringatan Hari Kartini di Halaman Kantor Kementerian  Agama Kota Salatiga.

Dalam kegiatan tersebut telah disepakati bahwa petugas upacara kali ini adalah para wanita, Bertindak selaku Pembina Upacara adalah Ketua Darma Wanita Persatuan (DWP) Kankemenag Salatiga, Hj. Haryanti Fahrudin, dan selaku komandan Upacara , Dwi Suryani (ASN Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga). Dalam sambutannya, Hj. Haryanti Fahrudin menyatakan betapa berat usaha RA. Kartini beliau berjuang sekuat tenaga dalam memperjuangkan kesetaraan wanita dengan pria, mengorbankan dirinya untuk kemajuan para wanita, agar wanita tidak dianggap pihak yang lemah dan hanya dijadikan sebagai pembantu atau konco wingking. Oleh karenanya sudah sepantasnya kita sebagai perempuan Indonesia berterima kasih atas semua jasa-jasanya, salah satu diantaranya dengan memperingati kelahirannya sekaligus mengingat kembali segala pengorbanan dan perjuangan yang telah dilakukannya serta melanjutkan perjuangan beliau, menjadi wanita hebat, kuat dan mandiri tanpa meninggalkan kodrat sebagai seorang wanita.

Dalam kegiatan Upacara yang diikuti oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, H. Fahrudin,  para Kasi, penyelenggara dan seluruh ASN di jajaran Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, sangat antusias mengikutinya, sebagai bentuk bahwa mereka semua memberikan dukungan penuh atas pelaksanaan kegiatan tersebut. Sebagai bentuk penghargaan kita kepada beliau RA. Kartini, panitia peringatan Hari Kartini Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, mengadakan lomba membaca tartil Al-Quran dan menghias tumpeng, yang diikuti oleh seluruh seksi, KUA, Madrasah (MAN, MTsN, MIN) baik swasta maupun negeri serta RA di jajaran Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, sebagai bentuk atau simbol bahwa wanita  meski berkarya namun tidak melupakan kodrat sebagai seorang istri dan seorang ibu yang senantiasa taat kepada Sang Pencipta dan Agamanya (Religius) .(Dwisur/mnc).


MUSDA ke- IX MUI Salatiga

2018-04-21 10:02:57

Musyawarah Daerah (MUSDA) ke-IX Majelis Ulama Islam (MUI) Salatiga di Hotel Grand Wahid Salatiga.
MUI Kota Salatiga mengadakan Musyawarah Daerah (MUSDA) ke-IX Majelis Ulama Islam (MUI) Sabtu (21/04) di Hotel Grand Wahid Salatiga

Halaqoh bersama  yang dihadiri Ketua MUI Pusat bp. KH. Dr. Amin Makruf, Ketua MUI Jateng DR. KH. Ahmad Darodji, Ketua MUI Kota Salatiga DR. KH. Saefudin Zuhri, Walikota Yulianto dan Wakil Walikota  H. Muhamad Haris dan para Forkompinda Salatiga

Tak lupa Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga H. Fahrudin turut hadir dalam kegiatan Musyawarah Daerah (MUSDA) Majelis Ulama Islam (MUI) Salatiga yang ke-IX tersebut. (Dwisur/Miftah/Mnc).


Ngaji Kebangsaan Mengasah Jati Diri Indonesia

2018-04-20 19:51:21

Kepala Kantor Kementerian Agama kota Salatiga H. Fahrudin turut hadir dalam Ngaji Kebangsaan bersama Menteri Agama di IAIN Walisongo Semarang Jumat (20/04)

Kegiatan Ngaji Kebangsaan  bersama yang dimaksudkan untuk Mengasah Jati Diri Indonesia, dilaksanakan Bersama dengan Menteri Agama RI. H. Lukman Hakim.

Adapun Susunan Acara dalam kegiatan ngaji bersama tersebut adalah:
1.Menyanyikan Lagu Indonesia
2.Ayat2 Suci Al Quran
3.Doa
4.Laporan panitia(Rektor)
5.Ngaji Bareng Menag
6.Lain Lain
7.Penutup

Dalam sambutannya, Menteri Agama RI menyampaikan bahwa :
1.NKRI dg penduduk yg besar menempatkn agama di tempat yg mulia. Yg tdk melepaskan agama dlm kehidupan sosial.
2.Indonesia bukan negara agama dan bukan negara sekuler. Indonesia senantiasa meletakan agama pd posisi di tengah tdk kekanan dan tdk kekiri (Moderasi Agama).
3.Kearifan lokal yg ada di Indonesia selalu merujuk  kpd agama. Utk itu kearifan lokal harus selalu seiring dengan agama.
4.NKRI dipandang orang luar negeri di sebut sbg negara relegius yg ditandai pada  setiap acara resmi senantiasa menyertakan Doa di dalamnya.
5.NKRI memiliki  ormas-ormas keagamaan yg banyak dan  Hari Besar Agama di akui oleh Negara scr resmi. Ini juga mebuktikan bahwa Negara Indonesia adalah negara yg relegius.
6.Pejabat yg ada di Indonesia selalu mengambil sumpah jabatan dg menyebut nama Tuhan, apapun itu agamanya.
7.Indonesia memiliki pengadilan negeri pengadilan militer pengadilan Agama.

Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh Kepala Kementerian Agama di Jawa Tengah, para dosen, perwakilan organisasi mahasiswa, perwakilan ormas dan pejabat terkait tersebut, diakhiri dengan ngaji bareng Menteri Agama RI dan doa bersama untuk NKRI Tercinta. (Dwisur/Mnc)


Takbir Keliling Dan Gebyar Seni Budaya Ramadhan Akan Mewarnai Amaliyah Ramadan Kota Salatiga Tahun 2018 M/1439 H

2018-04-19 13:37:52

Kemenag SalatigaDalam rangka mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan amaliayah Ramadhan tahun 1439 H, Panitia Amalan Ramadhan (PAR) Kota Salatiga, telah melaksanakan Rapat kordinasi Panitia Amalan Ramadhan, Kamis (19/04). di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga. Kegiatan yang dimulai jam 9.30 wib dibuka oleh pengurus Panitia Amalan Ramadhan (PAR)  Kota Salatiga, Samsul Huda dari Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, Drs. H. Fahrudin, M.Ag, dalam sambutannya beliau menyampaikan Ramadhan tahun ini memasuki tahun politik,  oleh karenanya ibadah Puasa Ramadhan harus mampu menjadi tali  pengikat atau memperkuat ukhuwah Insaniyah, Ukhuwah Wathoniah dan Ukhuwah Basyariyah, beliau juga berharap semua yang hadir dalam rapat kordinasi tersebut akan mengikuti fatwa pemerintah terkait keputusan awal Ramadhan apalagi yang bertindak sebagai pucuk pimpinan, lebih lanjut, untuk kepanitiaan, juga  harus dipastikan  bersinergi dengan Pemerintah Kota Salatiga yang diposisikan vertical, bukan otonomi daerah, diantaranya Pengadilan Agama (PA), Pengadilan Negeri (PN), Kejaksaan, TNI, POLRI, juga  semua unsure, yang terdiri dari Ormas Islam, tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, .

Kepala Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, Nurcholis, M.PdI,  selaku ketua panitia dalam kegiatan panitia Amalan Ramadhan (PAR) tahun 2018 M/1439 H ini menyelesaikan beberapa agenda rapat kordinasi tersebut, meliputi kelengkapan kepanitiaan yang pada rapat kordinasi yang lalu belum terisi karena masih menunggu kegiatan takbir keliling yang saat kemarin belum mendapat jawaban dari instansi terkait dalam bidang gebyar seni budaya Ramadhan , penetapan jadwal penceramah, imam dan khotib baik tarkhim maupun sholat Idul Fitri serta penetapan tema yaitu, Semangat Ramadhan perkuat kerukunan dan toleransi dalam hidup beragama, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Rapat Kordinasi Panitia Amalan Ramadhan (PAR)  Kota Salatiga yang dihadiri oleh kurang lebih  50 orang tersebut juga dihadiri oleh Kabag Kesra Pemerintah Kota Salatiga, RM. Pramusinta,  dalam penyampaiannya, Walikota Salatiga siap untuk menjadi Shohibul bait pada kegiatan  Panitia Amalan Ramadhan (PAR) nanti dan siap membantu dalam pelaksanaan kegiatan dengan mengkordinasikan dengan baik (Eko/Dwisur/Mnc)

 

 

 


Mujahadah Kubro dalam Mempersiapkan dan Menghadapi UMBN dan UNBK

2018-04-18 15:50:32

Madrasah Tsanawiyah Negeri Salatiga dalam mempersiapkan dan menghadapi UMBN dan UNBK telah mengadakan Mujahadah Kubro di halaman sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri Salatiga, Rabu (11/04).

Acara yang dihadiri oleh Kepala kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Drs. H. Farhani, M.M  dan kepala kantor kementerian Agama Kota Salatiga, tersebut diikuti oleh para siswa, guru dan wali murid atau komite Madrasah Tsanawiyah Negeri Salatiga , Turut hadir pula Kepala sub bag TU Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga H. Muhammad Sholeh Mubin, MH dan Kasi Pendidikan Madrasah  H. Muhamad Miftah, S.Ag, MH.

Mujahadah dipimpin oleh Ky. Nasir Asy'ari pengasuh pondok pesantren tingkir lor, sebelum mujahadah didahului dg sholat hajat 2 rekaat, dalam sambutannya disampaikan bahwa mujahadah ini dilakukan dlm rangka unt meningkatkan moral siswa siawi dlm menghadapi UMBN dan UNBK, smoga dlm ujian ini dengan bimbingan dan pertolongan allah, anak2 dpt mengerjakan dg baik dan lancar dg prestasi yg baik pula bahkan dapat masuk 3 besar se kota salatiga

Kepala Kantor kementerian Agama Kota Salatiga H. Fahrudin memberikan tausiah dalam acara mujahadah tersebut. Dalam tausiyahnya beliau menyampaikan dlm mengerjakan soal diharapkan agar anak2 berlaku jujur, krn dg kejujuran akan membawa kemuliaan dan kebahagiaan bagi anak2 dimasa yg akan datang (Eko/Miftah/Dwisur/Mnc)


Rapat Koordinasi Pelaksanaan Ujian Akhir Bersama MI Kota Salatiga Th 2018

2018-04-18 15:47:32

Dalam rangka persiapan UMBN dan UNBN MI, Seksi Pendidikan Madrasah mengumpulkan para kepala MI se kota salatiga, para korektor, dan pengawan ujian  di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, Rabu, (18/04)

Dalam kegiatan yang dipimpin oleh Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, H Muhamad Miftah, S. Ag, MH tersebut dimaksudkan untuk menciptakan madrasah yang hebat, bermartabat dan terhormat sehingga lebih diakui di ranah pendidikan baik lokal, khususnya di kota Salatiga , propinsi jawa tengah maupun nasional.

Terkait dengan kegiatan tersebut, para Pengawas Madrasah di jajaran Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga memberikan arahan kepada masing masing peserta , sesuai dengan tugasnya masing - masing, sebagai korektor ataupun pengawas ujian. (Dwisur/Miftah/Mnc).


Pelantik JFT Pranata Komputer Ahli Pertama Kementerian Agama Kota Salatiga di Bulan Kartini, seorang wanita.

2018-04-18 15:41:33

Kemenag Salatiga – Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, Drs. H. Fahrudin, M.Ag, melantik Pejabat Fungsional Tertentu Pranata Komputer Ahli Pertama, seorang wanita, Monica Andriani Dwi Kurniawati, S. Kom yang kebetulan bersamaan dengan bulan Kartini, yaitu April 2018, Rabu (18/04) di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, Fahrudin, menyampaikan ucapan selamat kepada  Monica Andriani Dwi Kurniawati, S. Kom selaku Pejabat Fungsional Tertentu Pranata Komputer Ahli pertama yang sudah dilantik, dengan harapan setelah menduduki jabatan barunya tersebut yang  bersangkutan  Menjadi Monica yang baru, Monica yang lain dengan Monica tanggal 17 April 2018 kemarin. Setelah penantian panjang, selama kurang lebih 2 tahun , ternyata berjodoh dengan beliau, terbukti turunnya SK Jabatan Fungsional Tertentu Pranata Komputer Ahli Pertamanya disaat masa jabatan beliau, serta beliau yang melantiknya.

Pelantikan Jabatan Fungsional Tertentu Pranata Komputer Ahli pertama, Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga yang telah dihadiri oleh seluruh ASN Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga juga seluruh kepala KUA di Masing-masing kecamatan beserta semua ASN di KUA jajaran Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga tersebut juga mengundang Rohaniwan dari Gereja Katholik St. Paulus Miki, PC. Sugeng Santoso, didampingi oleh Penyelenggara Kristen Kantor Kementerian Agama Kita Salatiga, Dwi Kuncoro, S,Th. M.PdK. Bertindak sebagai saksi pelantikan tersebut adalah, H. Muhammad Sholeh Mubin, S.Ag, MH dan Supriyatna, A.Ma.

 Dengan dilantiknya pejabat Fungsional Tertentu Pranata Komputer Ahli pertama di Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga ini, maka sekarang telah memiliki pejabat Fungsional Tertentu Pranata Komputer. Dengan demikian diharapkan Website di Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga bisa terpenuhi dan bisa meningkat secara signifikan, serta dapat memberikan solusi bagi ASN yang kesulitan dalam operasional Komputer. Acara  Pelantikan Jabatan Fungsional Tertentu Pranata Komputer Ahli pertama, Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga tersebut diakhiri  doa yang dipimpin oleh PC. Sugeng Santoso dari Salatiga. (Dwisur/Eko)


Yel-yel serentak, Semarakkan MILAD MAN Salatiga ke-28

2018-04-16 15:55:58

Mewujudkan generasi yang unggul dan berakhlaqul Karimah untuk menunjang Salatiga sebagai kota pendidikan merupakan tema Milad Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Salatiga yang ke 28 hari ini, senin (16/04) di halaman sekolah MAN Salatiga.

Dalam kegiatan tersebut selain seluruh guru dan murid, hadir pula para sesepuh MAN Salatiga, kasi pendidikan Madrasah, H. Muhammad Miftah, S.Ag, MH, serta Kepala Kementerian Agama kota Salatiga, H. Fahrudin, M.Ag. kegiatan akan diakhiri oleh pengajian dan tari sufi oleh Drs. KH. Amin Budi Harjono dari Meteseh, Semarang.

H. Fahrudin, M.Ag Kepala Kementerian Agama Kota Salatiga, sebelum menyampaikan sambutannya beliau memberikan semangat dan motivasi kepada seluruh siswa dan guru, berupa yey-yel penyemangat , yang disambut antusias oleh para guru dan murid, sehingga membuat semarak kegiatan milad tersebut. Yel-yel pertama, “Madrasah Aliyah Salatiga”, dijawab serentak,  “Yess.,..”, kedua, “Madrasah Aliyah Salatiga”, dijawab, “Hebat, Terhormat, Bermartabat..” ketiga, “Madrasah Aliyah Salatiga”, dijawab serentak,  “Yess... Yess.. Yess.,”, Beliau melanjutkan sambutannya, bahwa apa yang disampaikan dalam yel-yel tersebut memiliki konsekwensi, yaitu ingin menjadi madrasah yang hebat, madrasah yang terhormat dan madrasah yang bermartabat, Orang yang cerdas bukan orang yang besar badannya atau kuat badannya, tapi orang yang mampu merespon perubahan yang ada, contohnya sekarang zaman millennia, yaitu era Informasi Teknologi, sehingga pendidikan di MAN harus berbasis teknologi, namun juga harus mampu memanfaatkan teknologi secara sehat, sehingga mampu menjadi manusia yang berprestasi. Beliau juga berharap teknologi informasi digunakan secara baik dan benar, agar memperoleh hasil yang benar dan maksimal.

Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) juga menyampaikan bahwa dalam milad yang ke 28 ini semoga mampu menziarahi masa lalu sudah mampu menorehkan berbagai prestasi, bahkan MAN sudah sangat diakui di percaturan pendidikan, baik local, propinsi maupun nasional, kami juga mohon doa restu agar MAN selalu tambah maju, selalu mampu berinovasi, kedepan akan selalu menerima saran-saran agar MAN mampu membenahi, merenungi diri, sehingga menciptakan generasi yang Robbani menjadi kebanggaan Kota Salatiga. Dalam kegiatan tersebut juga memberikan pula piala dan piagam serta uang pembinaan kepada siswa siswinya yang berprestasi.(Dwisur/mnc)


Pelantikan Dan Rapat Kerja Pengurus DPC FKDT Kota Salatiga Masa khidmah 2018 - 2023

2018-04-16 15:53:01

Kemenag Salatiga – Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, Drs. H. Fahrudin, M.Ag, melantik pengurus Forum Komunikasi Diniyah Taklimiyah (FKDT)  Kota Salatiga , Masa Khidmah 2018 - 2023 hari ini, Senin (16/4) di RM. Elang Sari Kota Salatiga.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, Fahrudin, menyampaikan bahwa organisasi Forum Komunikasi Diniyah Taklimiyah (FKDT)  merupakan organisasi yang eksis untuk menjembatani, memberi kemudahan agar semua Madrasah Diniyah bisa terdata dengan baik, karena basic data itu penting untuk mewujudkan adanya kegiatan. Beliau juga menekankan bahwa kegiatan dalam suatu organisasi sangatlah penting, yaitu sebagai  acuan pemberian pengusulan dan pencairan anggaran. oleh karenanya pengurus FKDT sekarang harus berfikir cerdas mampu merespon segala perubahan, termasuk diantaranya cepat tanggap terhadap setiap perubahan, sebagai contoh, untuk kegiatan berbasic anggaran, harus rajin membuat proposal, agar mendapatkan pencairan nggaran untuk  melaksanakan kegiatan.

Pelantikan pengurus Forum Komunikasi Diniyah Taklimiyah (FKDT)  Kota Salatiga  yang dihadiri oleh ketua DPW Forum Komunikasi Diniyah Taklimiyah (FKDT) Nur Syahid, S.Ag dan sekretaris M. Arief Hidayatulloh, M.Ag,  dilanjutkan dengan rapat kerja yang di pimpin oleh ketua terpilih, Muhammad Farid Abdullah, S.Pd, M.Hum.

Dengan dilantiknya pengurus Forum Komunikasi Diniyah Taklimiyah (FKDT)  sebagai organisasi social keagamaan yang berorientasi pada kemampuan sumber daya manusia yang diharapkan bisa menjadi wahana untuk mempererat  hubungan komunikasi, informasi,  koordinasi, motivasi dan inovasi kegiatan usaha pendidikan  serta sebagai mitra pemerintah daerah dan Kementerian Agama  dalam mengembangkan pendidikan/Madrasah di Kota Salatiga.(Eko/Dwisur/Mnc)  


Madrasah Ingin Capai Yang Terbaik

2018-04-12 11:22:02

Dalam rangka pemetaan dan pengendalian mutu hasil pendidikan madrasah, dalam penyelenggaraan  Ujian akhir bersama madrasaha Ibtidaiyah (UAB MI) khususnya mata pelajaran Al Quran Hadist, Fiqih, Aqidah Akhlaq, Sejarah kebudayaan Islam dan Bahasa Arab, seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga mengadakan rapat kordinasipersiapan ujian akhir Bersama (UAB) madrasah Ibtidaiyah pagi tadi Kamis (12/04) di aula Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga.

13 Kepala sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) baik negeri maupun swasta se kota salatiga ikut menghadiri rapat kordinasi membahas tentang penetapan petunjuk pelaksanaan penyelenggaraan Ujian Akhir Bersama Madrasah Ibtidaiyah (UAB MI) tahun pelajaran 2017/2018 tersebut

Terkait dengan rapat kordinasipersiapan ujian akhir Bersama (UAB) madrasah Ibtidaiyah Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, H. Muhammad Miftah, S.Ag. MH didampingi oleh pengawas sekolah madrasah Ibtidaiyah, Agus Rahmad Yuwanta, M.Pd dan Hj. Muasayadah, S.Ag., membentuk kepanitiaan dalam rangka penetapan petunjuk pelaksanaan penyelenggaraan Ujian Akhir Bersama Madrasah Ibtidaiyah (UAB MI) tahun pelajaran 2017/2018 dengan maksud agar pelaksanaan ujian akhir bersama Madrasah Ibtidaiyah Se-Kota Salatiga tahun 2017/2018 dapat berjalan dengan lancar dan memperoleh hasil yang gemilang. (Dwisur/Mnc)